Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Speaker Premium

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Speaker Premium

Dalam dunia audiophile, biasanya mereka menggunakan berbagai komponen suara elektronik untuk membantu menghasilkan kualitas suara musik yang tinggi. Guna memperoleh pengalaman mendengarkan musik dengan speaker premium, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah tips memilih speaker kualitas premium dengan performa tinggi.

Perhatikan material speaker

Salah satu hal esensial dalam memilih speaker adalah melihat material yang digunakan. Semakin lentur bagian kerucut di dalam Drive maka semakin banyak distorsi. Maka dari itu, umumnya produsen menggunakan bahan yang ringan dan kaku. Sebagian produsen speaker menggunakan material kaca atau tanah liat, sedangkan untuk speaker kelas atas menggunakan material Kevlar, berlian, maupun berilium di speaker mereka.

Perhatikan keseimbangan antar komponen speaker

Speaker dengan performa terbaik dirancang untuk menghasilkan suara yang luar biasa di semua frekuensi. Hal ini bisa terwujud melalui kombinasi sirkuit crossover dan beberapa driver. Sirkuit tersebut adalah bagian penting dalam speaker yang menentukan komponen mana yang akan menangani sinyal. Bagian tersebut terkoneksi dengan tweeter untuk kemudian menghasilkan trebel (suara frekuensi tinggi). Sementara bagian woofer bertugas di bagian bass (suara frekuensi rendah), serta driver mid range untuk mengurus sisanya.

Pastikan suara yang dihasilkan speaker bagus

Pada akhirnya, hal utama dalam memutuskan kecocokan speaker adalah dengan mendengarkan kualitas suaranya. Meskipun dari sisi komponen, material, dan desain sudah bagus. Namun, kadang kala masih menghasilkan suara yang sumbang. Oleh sebab itu, produsen audio high-end memungkinkan calon pembeli dapat menguji suara speaker sebelum melakukan pembelian. Karena suara yang dihasilkan speaker kadang kala dipengaruhi tempat juga.
Demi menemukan speaker high-end, dibutuhkan pengetahuan lebih tentang produksi audio dan sifat subjektif musik. Jika Anda membutuhkan speaker high-end berkualitas, D’Audio adalah pilihan tepat. Daud Audio merupakan spesialis desain speaker audio, didirikan di Jakarta yang membantu customer kami menemukan dan membuat perlengkapan audio berkualitas tinggi namun dengan harga kompetitif.