Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Kabel Speaker

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Kabel Speaker

Sebagai pengguna atau penggemar speaker, tentunya berkaitan erat dengan kabel. Pemilihan kabel speaker yang tepat dapat mempengaruhi kualitas audio Anda. Oleh karena itu penting untuk Anda memahami ciri-ciri kabel yang cocok untuk speaker, karena kabel memiliki jenis beragam. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat kabel speaker yang baik.

Perhatikan ukuran kabel speaker

Pada saat memilih kabel, Anda perlu menimbang antara kualitas komponen dan speaker serta kualitas suara secara keseluruhan. Perhatikan juga jarak antara receiver atau amplifier dan speaker. Lintasan kabel yang panjang dapat menyebabkan kerugian daya, sehingga membutuhkan kabel yang tebal. Misalnya, kabel AWG (American Wire Gauge) merupakan standar ukuran kabel yang digunakan di Amerika. Semakin besar AWG maka semakin kecil diameter kabelnya. Jika menggunakan AWG sebaiknya pilih yang rendah. Karena, semakin rendah AWG makan semakin besar diameternya.

Pertimbangkan kualitas kabel speaker

Dalam menentukan kabel speaker yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan dari sisi kualitas. Kabel berkualitas baik biasanya memiiki kualitas logam yang lebih tinggi dan mampu meningkatkan konduktivitas. Sejumlah kabel speaker juga dilengkapi dengan konstruksi khusus guna melindungi komponen Anda dari gangguan. Dengan menggunakan kualitas kabel yang baik, maka audio speaker yang dihasilkan juga bagus.

Cari tahu jenis dan keselarasan kabel speaker

Tips selanjutnya adalah, cari tahu jenis kabel apa yang ingin Anda gunakan agar cocok dengan speaker tanpa mengganggu kinerja speaker Anda. Kemudian, perhatikan juga panjang kabel. Misalnya, penggunaan kabel yang sama untuk 3 buah speaker. Panjang kabel untuk ketiga speaker tersebut harus cukup dan memiliki kapasitas power yang sama. Semakin panjang kabel maka semakin besar resistensinya sehingga dapat menghasilkan suara dengan volume yang sama.

Itulah 3 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kabel speaker yang tepat.

Semoga bermanfaat!



Sumber: audioengine.co.id