Macam-Macam Terminal dan Konektor Kabel Speaker

Macam-Macam Terminal dan Konektor Kabel Speaker

Sebelumnya, D’Audio telah membahas tentang kabel speaker. Namun, tahukah Anda bahwa ada komponen penting yang tidak kalah penting dari kabel yaitu terminal speaker dan konektor kabel speaker. Dua komponen tersebut memiliki fungsi dan bentuk berbeda. Berikut kami ulas mengenai terminal kabel speaker dan konektor kabel speaker.

Terminal kabel speaker

Pada umumnya, speaker memiliki salah satu dari dua jenis terminal yaitu, binding post atau spring clips.

Terminal kabel binding post memiliki koneksi yang sangat padat untuk sebuah kabel. Binding post berbentuk logam ulir dengan bagian atas diberi warna sebagai penanda (merah untuk terminal positif, hitam untuk terminal negatif). Binding post cocok dengan beberapa konektor seperti pin connector, bare wire, maupun banana plug.

Sedangkan terminal kabel spring clips sering digunakan untuk menghubungkan komponen audio ke speaker atau amplifier. Masing-masing terminal yang digunakan terhubung ke kabel pasangannya. Seperti binding post, warna merah merupakan terminal positif dan hitam adalah terminal negatif. Cara kerjanya sangat mudah, cukup tekan clip ke bawah lalu masukkan kabel speaker. Terminal jenis spring clips ini sangat populer karena tidak membutuhkan konektor khusus yang diterapkan pada ujung kawat.

Konektor kabel speaker

Terdapat beberapa pilihan konektor kabel speaker apabila Anda ingin mengubah atau memotong kabel sendiri. Pastikan receiver dan speaker memiliki terminal yang cocok. Berikut beberapa pilihan konektor kabel speaker.

Banana plug

Merupakan konektor kabel populer karena memiliki koneksi yang solid. Cara pasangnya mudah, cukup dengan memasukkan konektor ke dalam bagian binding post.

Pin connector

Dibandingkan kabel jenis bare wire, pin connector lebih mudah bekerja sesuai dengan keamanan spring clips atau binding post. Cara pasangnya adalah dengan memasukkan konektor ke dalam lubang yang di bor melalui metal post dan dijepit oleh bagian sekrup binding post.

Bare wire

Merupakan kabel terbuka tanpa lapisan yang dapat berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek. Penggunaannya adalah dengan cara memasukkan konektor lalu dijepit/ dililit pada metal post lalu dijepit kembali.

Selain ketiga konektor kabel speaker di atas, ada juga spade connector dan dual banana plugs. Dual banana plug bentuknya terhubung dan dapat menghubungkan kedua speaker positif dan negatif dengan tepat sesuaikan jarak pada binding post. Sementara spade connector memberikan koneksi yang baik dan terdapat di balik collar merah atau htam di bagian binding post.


Sumber: audioengine.co.id