Mengenal Jenis Speaker dan Fungsinya

Mengenal Jenis Speaker dan Fungsinya

Speaker merupakan sebuah perangkat keras yang mampu mengeluarkan hasil pemrosesan dari CPU yang berupa suara atau audio. Speaker terbuat dari logam dan memiliki membran serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi. Fungsi setiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.

Sebagai perangkat elektronik yang familiar, Anda dapat menemukan speaker pada perangkat komputer, handphone, televisi, mobil dan masih banyak lagi. Tujuan dari adanya speaker ini adalah untuk melengkapi fungsi dari setiap peralatan elektronik.

Sebelum Anda membeli speaker sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis speaker dan fungsinya, Dengan begitu Anda tidak akan salah dalam memilih speaker yang sesuai dengan keinginan. Berikut jenis-jenis speaker dan fungsinya:

Subwoofer

Subwoofer merupakan jenis speaker penghasil suara nada rendah atau full bass dengan jelas. Speaker subwoofer memiliki rentang frekuensi suara 20Hz – 200Hz. Biasanya speaker jenis ini dipasang pada speaker aktif komputer, speaker mobil, dan speaker aktif ruangan. Ukuran speaker subwoofer lebih besar dibandingkan dengan jenis speaker lainnya, setidaknya speaker subwoofer berkisar 12 inch-21 inch.

Mengenai cara pemasangan, speaker subwoofer membutuhkan box yang terpisah dari speaker lain. Karena, speaker subwoofer mampu menghasilkan getaran yang cukup keras.

Woofer

Jenis speaker selanjutnya adalah woofer. Jenis speaker woofer ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan speaker subwoofer. Speaker woofer biasa disebut speaker bass, istilah untuk pengeras suara yang dapat menghasilkan suara frekuensi rendah. Speaker woofer dapat menerima frekuensi antara 40Hz – 1.000Hz ada juga yang 20Hz – 2.000Hz. Speaker woofer memiliki diameter yang lebih kecil, yaitu 4 inch – 12 inch.

Speaker jenis ini sering dijumpai pada speaker aktif atau sound system ruangan. Jangkauan yang dicakup oleh speaker woofer ini dapat memanjang hingga 3.000Hz bahkan sampai 5.000Hz. Speaker jenis ini biasanya ditemukan di sistem home theater.

Speaker woofer juga sering sekali digabungkan bersama speaker midrange dan tweeter dengan tujuan untuk menghasilkan suara yang berbeda di setiap speaker.

Mid Range

Speaker mid range ini dirancang untuk dapat menghasilkan suara dari rentang frekuensi 500 Hz – 5.000Hz. Jenis speaker ini juga mampu menciptakan suara yang terdengar lebih jelas dan terfokus. Contohnya pada beberapa alat musik, seperti piano, gitar, biola, dan harmonika.

Untuk ukurannya speaker midrange memiliki diameter yang relatif kecil yaitu antara 4 hingga 6 inch saja. Speaker mid range merupakan bagian dari speaker tipe 3 way. Namun, speaker jenis ini tidak dapat menghasilkan suara dengan nada tinggi.

Speaker jenis midrange hanya digunakan untuk menyempurnakan dari kedua jenis speaker lainnya dalam tipe 3 way. Fungsi speaker midrange sendiri untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang tidak bisa ditangkap oleh speaker jenis tweeter dan midbass. Dengan menggunakan speaker midrange, suara vocal yang dihasilkan akan lebih terdengar jelas.

Tweeter

Tweeter adalah jenis speaker yang dikenal sebagai speaker treble. Speaker tweeter merupakan jenis tipe speaker 3 way yang memiliki kemampuan frekuensi audio tinggi yakni sekitar 5.000Hz – 20.000Hz, sehingga tak heran suara yang dihasilkan oleh speaker ini sedikit melengking atau terdengar keras dan nge bass. Suara melengking dan tinggi dari speaker tweeter ini dihasilkan oleh pukulan pada cymbals drum.

Berbeda dengan speaker subwoofer yang harus dipasangkan terlebih dahulu pada box speaker khusus, speaker jenis tweeter ternyata dapat langsung dipasang sebab memang sudah berbentuk seperti box. Kualitas suara tinggi dan jelas inilah merupakan kelebihan dari speaker tweeter yang tidak ada di speaker jenis lain.

Full Range

Jenis speaker full range ini memiliki frekuensi sangat lebar, yakni mulai 40 Hz – 2 kHz. Speaker jenis ini mampu menghasilkan suara nada rendah maupun tinggi. Oleh karena itu jenis speaker ini sering digunakan untuk speaker sound system atau luar ruangan, karena suara yang dihasilkan dapat terdengar dari kejauhan. Inilah merupakan kelebihan dari speaker full range yang berbeda dengan speaker jenis lainnya. Untuk ukuran dari speaker full range sendiri juga bervariasi seperti 10 inch, 12 inch, 14 inch, bahkan sampai 18 inch.

Amplifier dapat diartikan sebagai salah satu perangkat elekt...

Apakah speaker Anda pernah mengalami suara pecah? Saat hal i...

Speaker dalam sebuah sistem audio memiliki peran penting kar...

Sebelumnya, D’Audio telah menjelaskan tentang Amplifier dan ...

Sebelumnya D’Audio telah membahas jenis speaker yang terdiri...

Send Message