Penyebab Suara Speaker Pecah dan Cara Memeriksanya

Penyebab Suara Speaker Pecah dan Cara Memeriksanya

Apakah speaker Anda pernah mengalami suara pecah? Saat hal itu terjadi, sebaiknya jangan langsung menyimpulkan kerusakan yang dialami. Kali ini, D’Audio akan bagikan tips memeriksa kondisi speaker saat suara pecah sehingga Anda bisa menemukan kerusakan yang tepat tanpa menerka-nerka.

Banyak yang mengira bahwa ketika suara speaker pecah setelah amplifier dibesarkan, itu artinya ada kerusakan pada speaker tersebut. Padahal, penyebab suara sember tersebut tidak selalu berasal dari speaker itu sendiri.

Berikut ini beberapa penyebab suara speaker terdengar pecah:

Kerusakan amplifier

Ketika suara speaker pecah, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian amplifier. Kebocoran arus DC ke dalam speaker bisa membuat speaker berdengung. Periksalah kerusakan komponen transistor untuk memastikan hal tersebut.

Kerusakan power supply

  • Suara speaker yang pecah sering kali disebabkan oleh kerusakan pada bagian power supply. Mulai dari dioda, elco, hingga kabel power supply bisa menjadi penyebab suara speaker terdengar tidak normal. Cara memastikannya cukup mudah yaitu dengan uji coba menggunakan power supply baru untuk menguji amplifier.
  • Selain itu, ada kemungkinan penyebabnya adalah daya trafo yang terlalu kecil. Sehingga tidak mampu menggerakkan membran speaker dan terjadi distorsi. Daun speaker berbalik arah sebelum mencapai titik optimal

Kerusakan storing

Kerusakan storing terjadi jika grounding dipasang dengan kurang baik juga dapat menyebabkan noise atau dengung pada speaker.

Kerusakan Potensio

Suara sember pada speaker bisa terjadi akibat rusaknya potensia. Periksa bagian potensia dengan cara memutar dalam keadaan hidup untuk mengetahui perubahan suara speaker.

Kerusakan speaker

Kerusakan pada bagian ini boleh jadi disebabkan akibat tendangan bass selama pemakaian. Bagian conus speaker sobek atau lepasnya lem yang menghubungkan spool speaker ke daun speaker, dan kabel penghubung yang menempel pada bagian tersebut. Selain itu, bergesernya posisi spool sehingga tidak tepat di tengah juga bisa menjadi penyebab speaker rusak. Anda dapat memastikan kerusakan speaker dengan cara berikut:
  • Matikan amplifier lalu tekan berulang kali di bagian tengah speaker untuk memastikan spool tidak beradu dengan magnet. Fokus pada suaranya. Apabila terdengar suara gesekan, maka harus segera diperbaiki sebelum gerakan spool benar-benar terhambat.
  • Pada daun speaker, perhatikan posisi dudukan spool dengan magnet dan lem. Pastikan masih menempel dengan sempurna, agar jika pada tendangan maksimal posisi spool tidak tertarik ke salah satu arah.
  • Jika daun speaker sobek, maka ganti bagian tersebut dengan yang baru. Saat ini sudah banyak yang menjual daun speaker baik online maupun di toko elektronik.

Itulah beberapa cara memeriksa kondisi speaker saat suaranya terdengar sember atau aneh. Semoga bermanfaat.


Sumber: wikikomponen.com

Speaker merupakan sebuah perangkat keras yang mampu mengelua...

Anda pasti pernah mengalami suara musik yang “cempreng” atau...

Sebelumnya, D’Audio telah membahas tentang kabel speaker. Na...

Speaker dalam sebuah sistem audio memiliki peran penting kar...

Speaker adalah salah satu benda elektronik yang akrab di dal...

Send Message