Ragam Speaker Berdasarkan Rentang Frekuensi

Ragam Speaker Berdasarkan Rentang Frekuensi

Sebelumnya D’Audio telah membahas jenis speaker yang terdiri dari speaker aktif dan pasif. Namun, speaker juga dapat dibedakan berdasarkan rentang frekuensinya. Berikut ulasan ragam speaker berdasarkan rentang frekuensinya.

Speaker Midrange

Speaker Midrange merupakan speaker yang memiliki ukuran sekitar 3-4 inchi. Speaker jenis ini umumnya memiliki cakupan frekuensi 350-4500Hz. Biasanya, Midrange dikombinasikan dengan 1 set sistem 3 way audio. Fungsinya adalah untuk membantu high frekuensi agar terdengar lebih sempurna serta mengakomodasi suara yang dihasilkan. Sehingga lebih fokus dan jelas.

Speaker Tweeter

Speaker selanjutnya adalah Tweeter yang biasanya berukuran kecil minimal 0,5 inchi dan maksimal 4 inchi, tergantung merk dan kemampuan cakupan frekuensinya. Speaker jenis ini berfungsi untuk menghasilkan frekuensi tinggi dengan cakupan di rentang 3500 Hz hingga 20Khz. Suara frekuensi ini antara lain seperti suara vokal, cymbal drum dan dentingan alat musik lainnya.

Tweeter juga dikenal dengan sebutan super tweeter/ribbon tweeter yang memiliki bentuk berbeda dari tweeter biasa. Bentuknya persegi panjang dengan plat tipis dan mampu menghasilkan suara frekuensi tinggi yang tidak dapat dijangkau oleh tweeter biasa (5-23Khz).

Speaker Midbass

Speaker Midbass atau dikenal juga dengan sebutan midwoofer berfungsi untuk menghasilkan suara berfrekuensi di rentang 80-350Hz. Midbass dapat menghasilkan suara yang dominan rendah dan umumnya speaker ini memiliki diameter 5-7 inchi.

Speaker Subwoofer/Woofer

Speaker yang satu ini berfungsi untuk menghantarkan suara dengan frekuensi rendah atau bass. Woofer dibatasi pada rentang frekuensi 100 Hz atau di bawahnya. Namun, woofer yang biasa menghasilkan suara di rentang frekuensi 40 Hz dan di bawahnya bisa disebut sebagai Subwoofer. Umumnya subwoofer memiliki ukuran 12, 15, 18 inchi sedangkan woofer berukuran 8-10 inchi.

Speaker Full Range dan Horn

Jenis speaker full range mampu menghasilkan sinyal audio pada semua range gelombang frekuensi audio. Sedangkan Speaker horn diproduksi secara khusus untuk menghasilkan sinyal audio pada rentang gelombang frekuensi vokal manusia.

Speaker merupakan sebuah perangkat keras yang mampu mengelua...

Bicara tentang speaker audio maka tidak jauh dengan dunia pe...

Speaker adalah salah satu benda elektronik yang akrab di dal...

Anda pasti pernah mengalami suara musik yang “cempreng” atau...

Sebelumnya, D’Audio telah membahas tentang kabel speaker. Na...

Send Message