Ragam Jenis  Kabel Audio

Ragam Jenis Kabel Audio

Bicara tentang speaker audio maka tidak jauh dengan dunia perkabelan. Ada beragam jenis kabel di pasaran yang memiliki fungsi berbeda tergantung perangkat keras yang digunakan. Berikut ini ulasan tentang jenis kabel audio dan fungsi-fungsinya:

Kabel ADAT

Kabel ADAT atau biasa disebut kabel Optic biasa digunakan untuk memperbanyak input pada Audio Interface yang memiliki optical input-output. Guna memperbanyak input, biasanya kabel ini sering digunakan pada PreAmp External. Perlu diketahui bahwa kabel ADAT ini hanya mampu mentransfer maksimal 8 input simultan saja.

Kabel S-PDIF (Sony Philip Digital Interface Format)

Fungsi kabel yang satu ini hampir sama dengan kabel ADAT yaitu dapat memperbanyak input/output dengan koneksi digital. Namun bedanya, konektor S-PDIF hanya mampu menyediakan 2 input/output 20 bit saja. Jika Anda ingin memakai 24bit konektor S-PDIF ada kemungkinan akan terjadi eror atau jitter (error saat convert pengolahan audio ke digital).

Kabel XLR 2pin

Kabel jenis ini dikenal juga dengan sebutan kabel canon. Kabel XLR 2pin punya koneksi balance yang terdiri dari 3 pin (1=+, 2= -, 3=gnd). Kabel ini digunakan pada Mic Condensor karena dapat mengalirkan listrik dari phantom power.

Kabel MIDI

MIDI merupakan singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. Kabel ini biasa digunakan untuk menghubungkan instrumen musik elektronik ke komputer. Cara kerjanya yaitu dengan mengirimkan pesan berupa perintah ke dalam komputer sehingga dapat dibaca pada software DAW yang dipakai.

Kabel BNC (Bayonet Neill-Concelman)

Kabel BNC atau dikenal juga dengan sebutan Word Clock Connector biasa digunakan untuk menyamakan sample rate antara Audio Interface dan PreAmp external.

Speaker merupakan sebuah perangkat keras yang mampu mengelua...

Sebelumnya D’Audio telah membahas jenis speaker yang terdiri...

Speaker adalah salah satu benda elektronik yang akrab di dal...

Perkumpulan Indonesia High End Audio Club (IHEAC) kembali me...

Pada webinar What Hi-Fi Indonesia, Daud Pranoto (D’audio) be...

Send Message